Minggu, 04 November 2012

Baca baik - baik (Copast)

Alkisah pada suatu hari, imam Plato bertanya pada gurunya imam Socrates,
"Guru, apa itu cinta? Bagaimana aku menemukannya?"

imam Socrates menjawab, "ada ladang gandum di depan sana, berjalanlah tapi jangan mundur kembali, kemudian ambillah satu buah ranting yang kamu anggap paling menakjubkan, artinya kamu telah menem
ukan cinta".

imam Plato kemudian berjalan, tak beberapa lama kemudian dia kembali dengan tangan kosong tanpa membawa apapun.

imam Socrates bertanya, "mengapa kamu tidak membawa satu ranting pun?"

imam Plato menjawab, "aku hanya boleh membawa satu ranting saja dan saat berjalan tidak boleh mundur kembali. Sebenarnya aku sudah menemukan yang paling menakjubkan, tapi aku tidak tahu apakah ada yang lebih menakjubkan di depan sana, jadi ranting tersebut tidak aku ambil. Setelah aku melanjutkan perjalanan, baru aku sadar bahwa ranting-ranting yang aku temukan tidak sebagus ranting yang tadi, jadi akhirnya tak sebatang ranting pun kuambil".

imam Socrates menjawab, "itulah yang disebut dengan cinta".

Beberapa hari kemudian imam Plato kembali bertanya kepada gurunya, " apa itu ikatan? Bagaimana aku bisa menemukannya?"

imam Socrates menjawab, " ada hutan yang subur di depan sana. Berjalanlah tanpa boleh mundur kembali (menoleh) dan kamu hanya boleh menebang satu pohon. Jika kamu menemukan yang paling tinggi maka tebanglah, dengan begitu kamu telah menemukan apa itu perkawinan".

imam Plato kemudian berjalan dan tidak beberapa lama dia kembali dengan membawa sebuah pohon. Pohon tersebut bukanlah pohon yang tinggi, pohon itu biasa-biasa saja.

imam Socrates bertanya, " mengapa kamu memotong pohon yang seperti itu?".

imam Plato menjawab, " berdasarkan pengalamanku sebelumnya setelah menjelajah hampir setengah hutan, ternyata aku kembali dengan tangan kosong. Jadi pada kesempatan ini aku melihat pohon itu dan kurasa tidak terlalu buruk. Jadi kuputuskan untuk menebangnya dan membawanya kesini. Aku tidak mau kehilangan kesempatan untuk mendapatkannya".

imam Socrates menjawab, " itulah yang dimaksud dengan ikatan".
Cinta itu semakin dicari semakin tidak ditemukan. karena waktu tidak bisa kembali diputar...............
ikatan adalah kelanjutan dari cinta. yang ketika kesadaran akan ketidakmampuan perputaran waktu....

jadi kurangilah menggaggu pohon yang dalam masa2 hampir penebangan...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar